Langsung ke konten utama

Table Manner Public Relations Universitas Mercu Buana Jakarta th 2014

Hai pembaca cerdas
bertemu lagi di tulisan saya selanjutnya.
Kali ini, saya ingin menulis pengalaman dan bercerita ke kalian semua mengenai acara yang baru saja saya dan teman-teman jurusan Public Relations lakukan.
Ini sebenarnya merupakan acara rutin, acara tahunan dan wajib di ikuti oleh setiap mahasiswanya. Terutama mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Proffesional Image di semester 5. Karena memang, acara ini termasuk ke dalam Kuliah Lapangan mata kuliah tersebut.

Nah, langsung saja ya.

Table Manner Public Relations Universitas Mercu Buana, ini dilaksanakan pada Rabu, 17 Desember 2014. Kami memilih Crowne Plaza Hotel sebagai tempat untuk melatih Table Manner skill kami, Crowne Plaza Hotel menjadi pilihan yang tepat, karena memang jarak tempuh ke hotel tersebut tidak begitu jauh, hanya butuh waktu 1 jam untuk bisa sampai di hotel tersebut, yang sebenarnya tidak begitu jauh, tetapi kemacetan jakarta lah yang membuat perjalanan butuh waktu selama itu.
Acara Table Manner ini mengangkat Tema "Proud To Be Proffesional", Dimana tema tersebut menjadi gambaran tujuan acara ini. Berlatih, Belajar dan Elegant adalah khas dari Acara Table Manner kali ini. Para peserta yaitu mahasiswa dan mahasiswi UMB diberikan dresscode agar terlihat Rapih dan Seragam. Dress code tersebut kita sebut dengan : Black Elegant. Dimana Wanita diwajibkan memakai Dress Hitam yang Elegant dan nyaman di pandang, dan Pria menggunakan Tuxedo Hitam, lengkap dengan Sepatu pantofel. Tentunya pakaian tersebut harus terlihat rapih dan teteap sopan.

Pukul 09.00 Para peserta sudah sampai di Crowne Plaza Hotel, peserta langsung menuju meja regist untuk melakukan registrasi dan menyobek kertas Doorprize yang ada di Invitation yang sudah diberikan sebelum acara (walaupun hanya acara makan makan, tp Doorprize tetep ada loh, dan banyak juga).
Proses Regist Peserta

Ini 3 Plakat untuk 3 Acara inti Table Manner, Beauty Class, Etiqquate Class dan Doorprize (ini doorpirze baru yg terlihat, dibelakang masih ada lagi.)

Ini penampakan Pintu masuk Awal sebelum menuju ke Ballroom. Ruangan ini lebih digunakan untuk sesi Photobooth dan Coffee break.

Di acara Table Manner ini, panitia bukan hanya sekedar menyediakan acara Table Manner saja. memang Table Manner menjadi acara inti, tetapi kami (panitia) membuat konsep menarik lainnya, yaitu menambahkan konten acara Beauty Class oleh PIXY, dan Ettiquate Class oleh Look Inc School. Bukan hanya itu, di awal masuk sebelum masuk ke Ballroomnya, kami (panitia) menyediakan sesi Photobooth dimana foto tersebut bisa langsung dicetak dan dibawa pulang untuk souvenir.

Ini adalah tempat untuk Photobooth, dimana kita bisa foto dengan bertemakan musik yaitu Piano.
dan ini salah satu Dosen PR yaitu Ibu Novi Erlita.
Roundtable masih terlihat kosong tanpa alat makan, karena memang diawal acara, di isi dengan sesi Beauty Class oleh PIXY

yang pria dan wanita terlihat berpisah duduknya, karena memang wanita ada sesi Beauty Class, dan Pria sesi Men Class oleh Gatsby
Kami bekerja sama dengan PT. Mandom, yaitu perusahaan yang bergerak dibidang produk skin care  yang memang sudah terkenal di Indonesiaaa. Yaitu Pixy dan Gatsby.
Jadi, setelah beauty class, pasti para peserta terlihat cantik dan tampan dan akan langsung siap untuk Table Manner Training Skill.
Dan sebelum masuk ke sesi Beuaty Class, tentunya akan diisi oleh sambutan Project Leader dan Kepala Program Studi PR dongg..

Project Leader Table Manner 2014 : Dara Maulia Pratiwi (PR 2012)
Kepala Program Studi PR : Ibu Elly
Sesi Beauty Class
Sesi Men Class
Beauty Class with PIXY
Menuju Hasil Akhir Beauty Class
Hasil Beauty Class
Hasil Beauty Class
The best make up Beauty Class, and the best Men Class
Foto bersama dengan Ibu Mira. Head PT.Mandom
Penyerahan Plakat oleh Ibu Yuni kepada Ibu Mira
Selesai acara Beauty class, para peserta dipersilahkan untuk keluar ballroom dan menuju ruangan coffe break untuk minum minum coffee & tea yang sudah disediakan. Selagi sesi coffe break itu, persiapan Table Manner pun dilakukan oleh pihak hotel.

Sesi bebas. Coffe Break
Sesi Bebas. Coffe Break 
Setalah persiapan pihak hotel dirasa sudah cukup, akhirnya para peserta dipersilahkan masuk kembali dan duduk ditempat yang semula. Sesi inti pun dimulai, Table Manner Training Skill yang dimulai tepat pukul 13.00 memasuki waktu makan siang.
Pengenalan Trainer Table Manner
Memulai Sesi Table Manner dengan beberapa persentasi

Penyajian Menu Pembuka oleh pihak Crowne Plaza Hotel
Memulai latihan

Table Manner Training Skill
Table Manner berlangsung selama 2 jam. Di sesi ini pula, para peserta dibebaskan bertanya mengenai apapun yang berhubungan dengan Table Manner dan sejenisnya. Makanan yang diberikan tentunya menarik dan enak loh. Pelayanan yang ramah serta tanggap dan cepat diberikan oleh pihak hotel.
Pemberian Plakat kepada Pihak Crowne Plaza Hotel oleh Ibu Elly
Selesai sesi Table Manner, acara terus berlanjut dengan konten acara yang menarik, yaitu Etiqquate Class. Dimana di kelas ini para peserta di ajarkan untuk pengenalan etika yang baik, memposisikan diri, body language, non verbal dan sebagainya. Semua hal itu diberikan ajarannya oleh pakarnya langsung yaitu Ibu Keke dari Look Inc School.

Pengenalan Ibu Keke sebagai pembicara

Ibu keke saat memulai persentasi

Sesi saat Etiqquate Class


Praktek langsung cara berdiri yang baik dan terlihat anggun



Pemberian Plakat oleh Ibu Novi kepada Ibu Keke

Wah,
3 acara besar ternyata sudah selesai dilaksanakan. tapi tenang.. masih ada beberapa acara menarik yang menghibur tentunya. Yaaa..apalagi kalau bukan Live Accoustic dari mahasiswa PR yaitu Ifan dan Izhar.

Live Accoustic Ifan & Izhar

Surprise Ulang Tahun Dita Ariska
Nah, ini yang di tunggu tunggu, pembagian doorprize dan pengumaman Queen and King.
Dari kesekian banyak acara, pengumaman King and Queen Table Manner merupakan acara penutup. Acara Table Manner ini selesai pada pukul 17.30. Acara secara resmi ditutup dan kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama di luar Ballroom dengan background gedung bertingkat di jakarta.

Doorprize
Doorprize (Ada hadiah Pulsa dari Indosat lohh)
Doorprize Topi Converse
Penyematan Mahkota kepada Queen Table Manner
Penyematan Selempang King Table Manner oleh Project Leader
Penyematan Selempang Queen Table Manner oleh Project Leader
Doorprize Tas Converse
Sesi Foto Khusus Pria

Sesi Foto

Sesi Foto

Beberapa peserta foto bersama salah satu anggota Humas Mercu Buana
Foto bersama King&Queen Table Manner, Project Leader, Kaprodi, dan MC.
Panitia Table Manner, MC, King&Queen, Kaprodi, dan Para Dosen
Tentunya berlangsung acara ini, berkat dukungan dari banyak Pihak, Mulai dari Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi, Humas Universitas Mercu Buana, Rekan-rekan BEM FEB, Sponsor (Niu Greentea, Indosat, Kareema Salon, Czar Project) dan bahkan dukungan dari personal yang sudah membantu.
Semoga Tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi sarana informasi dan refrensi untuk kita semua. Masih banyak kekurangan dari berbagai aspek tentunya, maka itulah, kita harus tetap belajar.

Semoga Ilmu-ilmu baik dari acara Table Manner ini bisa diserap dan di implementasikan kelak ya.
Selamat menunggu Table Manner 2015.

Best Regards

Komentar

  1. Mau nanya ka..
    kalau public relation uts nya susah ga hehe
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo rena, uts ataupun uas di PR enggak sulit kok, asal mau belajar memahami dan mengikuti alur pelajarannya. Utk pelajarannya sendiri banyak matakuliah yg menarik. Jadi kalo km passion dibidang PR, pasti mudab diserap dan mudah paham.

      Hapus
  2. Hallo ka..aku juga sedang mengadakan acara table manner di tahun ini. Menurut kk..kesulitan apa saat memperkenalkan kegiatan table manner pd mahasiswa? Tlg jawaban nya ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesulitannya utk menjelaskan ke mereka apa pentingnya ikut table manner, dan juga apa yg akan di dapat kalau mengikuti event ini. Istilahnya "Saya bayar segini, saya dapet apa??" nah cenderung mahasiswa itu kritis dan agak perhitungan ya ahaha. Jadi saya saranin, buat plan budget yg jelas, bisa di infokan secara mendetail keuntungan apa saja yg akan didapat dan juga, buat event itu semenarik mungkin. Bisa dari dress codenya, dari sesi acaranya dll. Thankyou pertanyaannya ya Nisha. Semoga membantu😊

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teruntuk Pasangan Hidupku... Tulisan ini Untukmu

Teruntuk Pasangan Hidupku kelak, Tulisan ini untukmu Disaat tulisan ini ku buat, mungkin aku dan kamu belum bertemu, tapi percayalah, perlahan aku sudah mulai mendoakanmu. Aku mulai mendoakan hal baik tentang dirimu, Aku mulai mendoakan setiap harapanku yang semoga bisa terbentuk dengan baik didirimu Bukan, ini bukan harapan egois untuk kebaikanku semata saja, tapi harapanku untuk dirimu yang pastinya akan memperkuat dirimu didalam kehidupan ini. Ada yang bilang, bahwa pasanganmu adalah cerminan dirimu. Saat ini aku belum yakin 100% akan hal itu, tapi ku rasa Aku sudah mulai meng-imani hal tersebut. Aku yakin, dengan aku berdoa tentang dirimu, tangan Tuhan kemudian akan bekerja untuk mempersiapkan dirimu menjadi versi terbaikmu sampai akhirnya kita bertemu. Tenang, ketika Tuhan membantu membentuk dirimu, aku yakin Tuhan juga membantu membentuk diriku, mempersiapkan diriku, karena aku pun ingin melakukan itu. Semoga kamu juga ya :) Teruntuk Pasangan Hidupku, Aku selalu b

Buat Acara Bridal Shower dengan Biaya Murah dan Waktu Mepet

Nahhhh.. Gimana? Dari judulnya aja kalian udah pasti tau aku mau sharing tentang apa. Yapp, acara Bridal shower dengan minim budget alias irit alias murah dan waktu yang dadakan banget?? Wahh, siapa takut. Ini pengalaman aku sama teman-teman squad pastinya, saat diantara kita akhirnya ada yang pecah telor. Wow.. Pertama bingung mau ngapain, kedua bingung harus ngapain, ketiga... Kita harus ngapain?? Hahaha Dari jauh jauh hari sebenarnya aku udah plan untuk pakai party planner yang ada di IG, udah sempet diskusi juga sama yang lain. Tapi nyatanya? Karena kita sibuk masing-masing dengan kerjaan, alhasil diskusinya mentah dan ga ada ujung. Sampai akhirnya waktunya pun tiba! Yap, dengan tanpa disengaja, Yuni (yang pecah telor) dia mau bagiin seragam bridesmaid gituuu. Wah langsung lah kita kalang kabut alias nambah bingung, harus bikin apa dan seperti apa. Karena seperti yang ku bilang tadi, ini FIRST TIME nya ada yang begini haha. Oke langsung, Yang pasti karena w

SCABIES PADA KUCING DAN TIPS AMPUHNYA

Haii, udah lama banget ya gak nulis di blog ini. entah betapa berdebunya blog ini gak pernah ditengok sama penghuninya. Yaa maklum, mahasiswa tingkat akhir. Kerjaannya pasti selalu (belaga) sibuk dengan tugas akhir nya DOAKAN GUE YA.. APRIL 2016 SUDAH S.IKOM!! oke, kali ini gue ga akan ceritain tentang kuliah kok.. pusing ah bahas kuliahan atau akademik terus ahaha. kali ini gue mau share tentang cara JITU/AMPUH/CEPET/APAPUN untuk sembuhin KUCING yang terkena penyakit SCABIES Kucing lo garuk-garuk berlebihan? Ada jamur di daun telinganya? Bulunya mulai rontok? Jilat jilat badan terus? Coba di perhatiin lebih seksama lagi, kayanya kucing lo itu terserang penyakit SCABIES. yapp,, scabies itu penyakit yang disebabkan oleh tungau/kutu. Lo bisa bayangin kan, betapa gatalnya kulit kalo dihinggapin kutu kutu nakal, dan kutu-kutu ini sekali bertelor itu rombongan alias banyak. makanya kalo udah ketauan kucing lo sakit Scabies, gausah banyak mikir. GERAK! BAWA KE DOKTER HEWAN! Tips