Langsung ke konten utama

SCABIES PADA KUCING DAN TIPS AMPUHNYA

Haii, udah lama banget ya gak nulis di blog ini. entah betapa berdebunya blog ini gak pernah ditengok sama penghuninya.
Yaa maklum, mahasiswa tingkat akhir. Kerjaannya pasti selalu (belaga) sibuk dengan tugas akhir nya

DOAKAN GUE YA.. APRIL 2016 SUDAH S.IKOM!!

oke, kali ini gue ga akan ceritain tentang kuliah kok.. pusing ah bahas kuliahan atau akademik terus ahaha.
kali ini gue mau share tentang cara JITU/AMPUH/CEPET/APAPUN untuk sembuhin KUCING yang terkena penyakit SCABIES

Kucing lo garuk-garuk berlebihan? Ada jamur di daun telinganya? Bulunya mulai rontok? Jilat jilat badan terus?
Coba di perhatiin lebih seksama lagi, kayanya kucing lo itu terserang penyakit SCABIES.
yapp,, scabies itu penyakit yang disebabkan oleh tungau/kutu. Lo bisa bayangin kan, betapa gatalnya kulit kalo dihinggapin kutu kutu nakal, dan kutu-kutu ini sekali bertelor itu rombongan alias banyak. makanya kalo udah ketauan kucing lo sakit Scabies, gausah banyak mikir. GERAK! BAWA KE DOKTER HEWAN!

Tips nya :

1. Mau pake cara cepet yang ampuh banget buat sembuhin Scabies?
    Sebenernya tadi udah dikasih tau pas diatas, yaitu "Gerak! Bawa Ke Dokter Hewan" atau semacam Petshop. Karena apa? karena si dokter hewan itu udah pasti peralatan dan perlengkapannya full. Nah, pas kalian ke dokter, konsultasi deh ke dokter hewan tersebut. Dan kemudian, kalian pasti bakal di saranin untuk :
- Kucingnya di suntik Scabies (Rp. 60.000/sekali suntik)
- Obat Kapsul penghilang gatal
- Obat tetes (Rp. 150.000/sekalian sama obat kapsul)
harga diatas, itu sepengalaman gue ya. Beda tempat, kayanya beda harga juga, meskipun gak jauh jauh dari situ sih harganya hehe.

2. Kalo didaerah rumah kalian, jauuuuuuuhhh banget dari dokter hewan, atau bahkan gak ada dokter hewan. ini caranya :
- Pergi ke APOTIK terdekat, dan beli salep mereknya "SCABICID" lalu sebelum diterapin ke jamur jamur yang ada di kucingnya, harus di bersihin dulu pakai tisu basah atau kain basah ya
- Minyak Kelapa juga ampuh. bisa di beli di Apotik yang tadi (So.. daripada bolak balik ke apotik, sekalian aja beli 2-2 nya)
- Beli sabun sulfur (Kalau bisa khusus untuk hewan) kalau gak nemu juga, tenang.. beli Sabun JF SULFUR di minimarket terdekat. Cara penerapannya :Pakai air hangat, dan larutin secukupnya sabun yang tadi udah di beli ke air hangat tersebut. Kalau sudah.. mandiin kucing kalian, tapi jangan langsung disiram, melainkan di elap pakai kain basah yang dicelupin ke air hangat sulfur tadi. Lalu, lanjutkan dengan di guyur cantik dengan air hangat sulfur itu.
(MANDI SULFUR 2 - 3x ya SEMINGGU)

Pokoknya hal penting dalam penyembuhan kucing yang scabies :

- Kucing jangan sampe Kotor, harus rajin mandiin yang bersih dengan sabun sulfur, biar tungau atau kutunya pada matia.
- Kalau punya kucing lebih dari 1, di pisah kucing yang terkena scabies dengan kucing yang sehat. Jauh jauhin deh, karena mudah tertular.
- Kalau kalian mau sembuhin kucing kalian, liat juga dan jaga kesehatan kalian. Jangan tempelin kucing kalian ke kain-kain atau kasur tidur kalian. karena kutu yang sangat kecil itu bisa jadi terjatuh dan tak bisa bangkit lagi, dan tertinggal di tempat yang kalian juga pakai. Nanti kalo daya tahan tubuh kalian lemah, itu bisa tertular juga ke manusia.
- Rajin ajak kucing untuk interaksi dan temenin dia. Kalian bisa bayangin, kalau tubuh kita gatal aja, rasanya pengen langsung di garuk.. apalagi kalau itu kejadian di hewan yang gabisa berbicara, hanya bisa Meooongg.. dan memasang raut muka yang memelaas kasihan, kan sedih :(

Kalau kalian rajin lakuin treatment yg tadi (terutama untuk yg jauh dr dokter hewan), insyallah 1 Bulanan pasti hilang scabiesnya. Tergantung dari seberapa parah scabiesnya juga ya. Tapi gue doain, cepet sembuh buat Kucing kalian ya.

Tips ini  gue tulis berdasrkan kisah nyata "TRUE STORY"
berdasarkan pengalaman gue yang merawat kucing gue yang Scabies parah banget, selama 1 Bulan.
Di suntik 2x
Minum obat sampe 3 Minggu nonstop
Mandi Sulfur seminggu 2x
Rajin di olesin salep Scabicid

Dan sekarang, kucing gue udah jadi kucing yang sehat, cantik, lincah, dan doyan makan!




Terimakasih sudah membaca,
Risna si Penyayang Kucing
Cats Addict!
Ig : @chisharisna

Komentar

  1. itu yang gak pake cara suntik 100% sembuh ngga ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai rilo, maaf baru respon. Sembuh/tidaknya tergantung seberapa parah scabiesnya. Kalau udah parah bgttt, agak sulit sih. Tp ga ada salahnya utk selalu dicoba terus. Kalau suntik reaksinya jauh lebih cepet soalnya. Jadi aku lebih menyarankam untuk disuntik aja kalau mau penyembuhan yg cepat ya.

      Hapus
  2. Kitten2 sy kena scabies semua.. Yg satu wktu dibawa ke dokter blm bisa disuntik, penanganannya gmn ya kak..? Yg bahkan sdh rip (hiks..)... Help.. Jgn sampai yg lain ikut rip jg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umur kittennya berapa?
      Dulu aku pernah kittenku scabies, aku bawa ke dokter karna masih kecil kata dokter belum bisa disuntik jadi disuruh mandiin pake shampo sebazole aja seminggu 2x

      Hapus
  3. Kalau boleh tau kenapa blm bisa disuntik? Itu sudah pasti scabies atau malah ada sakit lain? Coba utk rutin dimandikan dan diberi salep Scabicid ya. Dan kalau lg masa penyembuhan, kalau bisa kitten"nya dipisah" dulj sementara

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Sebenernya dimandikan itu wajib atau tidak si pada kucing yg sakit scabies setelah disuntik? Wkt saya ke dokter hewan. Kucing saya cuma disuntik dan diberi obat semprot lingkungan anti kutu dll. Kmudian seminggu lagi disuruh suntik lagi. Bulu kakinya juga rontok, apa pasti tumbuh lagi? Efek setelah disuntik itu apa ya?

    BalasHapus
  6. Hai maulida. Sepengalaman ku, setelah konsulasi ke dokter hewan, dokter mewajibkan kucing dimandikan minimal 2x dlm seminggu. Pastikan kucing selalu bersih, itu pointnya. Yaa.. memang setelah suntik ada bulu" yg rontok, tp itu tumbuh lagi kok. Biasanya cukup 2x suntik aja

    BalasHapus
  7. Permisi, kalau boleh tau mba di daerah mana ya? Soalnya saya takut aja mau suntikin kucing ke dokter sekitar malang agak ekstrem harganya.. terus kalau dimandiin sabun sulfur itu cuma sekali seminggu boleh apa engga mba? mohon dijawab ya mba, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku domisili jakarta barat. Paling suntik bayarnya gak sampe 100rb kok. Kalo utk mandi sulfur, selama masih dalam banyak scabiesnya, trs mandiin aja, kalo bisa 2x dalam seminggu. Biar tetep bersih ya

      Hapus
    2. Mahalnya nyampe brp? Wah komersil bgt ya 😅 ditempat saya di purbalingga suntik scabies cuma 35k aja hehe

      Hapus
    3. Saya tinggal di malang kalau saya biasanya pake jasa klinik didaerah jl borobudur arah ke suhat sebelah kiri depan ayam nelongso harganya lebih miring karena praktek bersama dokter hewannya UB , tahun 2018 kena sariawan parah suntik antibiotik dan konsultasi gak sampai 100 rbu koq kalo suntik kutu /scabies 70 ribu

      Hapus
    4. Saya tinggal di daerah bekasi suntik scabies 120

      Hapus
  8. Halo mbak syantik,kalo mau suntik nambah biaya dokternya gak,terus kalo ga mau beli obat tetesnya bisa gak di gantiin aja sama saleb,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo maaf baru respon ya, utk suntik ada biaya tambahannya. Tergantung jg km dtg ke dokter mana, kalo mau gratis, biasanya coba cari dokter hewan pemerintah yg udah disubsidi😊. Kalo utk obat tetes dan sgala macamnya itu, sbnrnya tentative sih, mau beli atau engga, tergantung seberapa parahnya scabies dikucingmu. Kalo parah bgt, ada baiknya dibeli ya obat tetes atau tablet tsb, supaya kucingnta gak garuk" terus karena gatel. Semoga bisa terbantu ya

      Hapus
  9. Mau kasih info nih, bagi temen2 yg tinggal di sekitar Bandung bisa dateng langsung ke UPT KLINIK HEWAN di Dinas Pangan Dan Pertanian yg ada di jalan Pelindung Hewan no. 44 Bandung..disana kita bisa konsul lgsg sama dokter hewannya dan diberikan obat/suntik secara GRATIS *bagi pemilik KTP Bandung...tpi klo obat yg tdak tersedia disana kita bakal d ksih resep dan beli obatnya di apotek..semoga infonya bisa membantu :)

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. Hallo maaf baru respon. Aku suntik di petshop daerah jakarta barat, tepatnya di Tomang Jakbar

      Hapus
  11. Mau nanya nih kak risna . pas suntik pertama di kasih obatnya langsung obat penghilang gatal sama obat tetes ?

    BalasHapus
  12. Mau nanya nih kak risna . pas suntik pertama di kasih obatnya langsung obat penghilang gatal sama obat tetes ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru respon ya. Iyaa pas pertama kali suntik langsung dikasih obat utk gatalnya dan obat tetes itu.

      Hapus
  13. Mba maaf ini suntiknya di pdx tomang itu bukan ya? Kalau totalnya disitu jadi berapa ya? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di pet depo tomang. Kalo utk total aku lupa bgt. Kisaran 200-300 kayanya kalo full sm obat obatnya. Tp kalo suntik paling cuma 150an

      Hapus
  14. Balasan
    1. Iya memang belum boleh disuntik kok kalau utk kitten.

      Hapus
  15. Halo kak mau nanya cirinya kucing kk kena scabies gmna ya? Kucing aku bulu telinganya rontok kulitnya memerah dan skrg kyk rontok ketombe, aku pegang kulitnya cuma kasar blm ada tanda2 lainya. Apa itu awal mula scabies, ato mungkin jamur? Mohon info ya kak barh pertama adopt, thankyou :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kittenku msh umur < 3 bln tdnya gt, lama2 di garuk2 trus jd amis bekas garukan nya. Kasian sih liat dia garuk2 mulu.

      Hapus
  16. Pake sabun Jf sulfur nya ampuh gk?

    BalasHapus
  17. Pake sabun Jf sulfur nya ampuh gk?

    BalasHapus
  18. Mbak mau tanya..kalau di olesin scabicid nnti kalau kejilat kucing gimana..?

    BalasHapus
  19. Mbak klo pas Di olesin salepnya kan saya pake'in collar yg gede itu biar g kejilat, trus brp lama itu collar mesti dipake? Soalnya kesian jg liat dia pake collar kayak g nyaman banget gitu.

    BalasHapus
  20. Foto nya dong mabk before/ after nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucingku udah ilang di ambil orang 😭😭😭 tapi kucingku kemarin jadi bersih banget kok before afternya. Memang gak di foto

      Hapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Klu saya punya kucing ada 14 ada yg kena scabies jadi klu mau ke dokter alamat nguras kantong terpaksa beli obatnya di tokopedia ikuti anjuran yg tertera di bungkus nya saya suntuk sendiri hehe lumayan hemat 1 botol hanya 42rb plus jarum sekarang lagi penyuntikan hari kedua. Penyuntikan dilakukan 2kali hari pertama dan kedua. tinggal nunggu 14 hari lagi disuntik semua lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tahu apa merk obat suntiknya saya mempunyai 10 kucing..

      Hapus
    2. Wah iya ide bagus nih. Boleh dong share apa merk obat suntiknya??

      Hapus
  23. Oke terimakasih buat infonya ..akan saya coba karna kucing saya lagi terkena jamur & scabis

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Kucing aku kena scabies tapi lagi hamil jadi ga berani buat mandi . Kira kira pake saleb scabies itu bisa ? Ngaruh ga sih sama kucing yang lagi hamil ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya saranin pake minya vco yg ada di online shop atau di apotek, lebih aman sm alami klo kejilat sm kucing nya

      Hapus
  26. Bener banget. Nyembuhin scabies itu paling ampuh dibawa ke dokter, disuntik scabies. Pengalaman kucing aku udah aku kasih salep, mandi sulfur, tp ttp aja ga sembuh2 kasian banget :( akhirnya dibawa ke dokter dan disuntik. Beberapa hari setelahnya langsung rontok semua itu kerak2, dan sembuh.

    Kitten2 aku juga kena scabies, dibawa ke dokter, dokternya gamau suntik karena masih kecil. Tapi bapak aku maksa dokternya buat nyuntik, dan bilang kalo ada apa2 sama kitten2 itu, bapak aku yg tanggung jawab (kasian soalnya masih kitten dan dia meong2 terus gabisa tidur mungkin gatel banget😭). Akhirnya dokternya mau nyuntik, dg dosis yg lebih kecil tentunya. Alhamdulillah, kitten aku langsung bisa tidur nyenyak, nggak ngeong2 lagi, udah main2 sama sodaranya, dan keraknya rontok semua..
    Jadi kalo emang deket sama vet, sebaiknya kucing sakit langsung dibawa ke vet aja..

    BalasHapus
  27. Kira kira berapa hari ya scabiesnya bisa rontok setelah suntik? Trs efek suntik apa kucingnya jadi lebih doyan tidur? Tks banyaak atas sharingnya..

    BalasHapus
  28. Aku sudah coba tipsnya mbak, syukur bisa sembuh..
    Terimakasih sudah berbagi info 💙

    BalasHapus
  29. Mba aku mau nanya nih.. Mohon bantuannya ya. Kucing aku scabies (masih bgung jga sih sama atau ga scabies dgn jamur) dari telinga sampe leher dan sekarang udh ke pundak dan lengannya.. Udh aku olesin scabicid cream 2x sehari.. Skrg yg aku mau tnya boleh gak sih aku mandiin kucing aku pake jf sulfur? Dy lagi hamil dan ketularan scabies ini dri jantan yg kawinin.. Udah ga betah liat bulunya krna diolesin salep jelek mba.. Oh ya kucing saya persia.. Bru hamil.. Dy stress ga yaa klo aku mandiin pake jf sulfur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, maaf banget ya late respon.
      gimana skrg keadaan kucingmu?
      seharusnya aman ya utk mandiin kucing pakai jf sulfur, asal saat bilas benar" bersih banget, dan pakai air hangat ya

      Hapus
  30. Min, jf sulfur jenis apa mijit yg buat scabies kucing.? Kalau asepso ampuh gk Min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jf sulfur sabun batang atau cair jg bisa. aku blm pernah pakai asepso. jf sulfur aja, gampang kok dibelinya, dimana" ada :)

      Hapus
  31. Kak kalo scabiesnya pada kucing hamil apa boleh di salep atau di minyak virgin coconut oil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai Virgin Coconut oil aja, kalau di jilatpun tetep aman, bahkan sehat ahaha

      Hapus
  32. Klu obat yg di minum utk kucing yg terkena scabies apa kk

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  34. Kalau sudah suntik scabies itu harus tetap di mandiin sabun sulfur juga gk ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku sih yesss, hehe sampai aku merasa bener" bulu dia udah lebat sehat lagim gak terlalu banyak garuk" dan dia bisa tidur dengan nyaman, lincah ceria. baru aku mandiin biasa aja pake shampoo kucing hihi

      Hapus
  35. Ka risna,aku baru di kasih kucing sama kawanku. Tapi ternyata kucingnya itu ada scabies,dia garuk garuk terus sampe berdarah. Udah dibawa ke petshop buat grooming jamur. Terus di semprot pake obat biodin yg di saranin sama owner petshopnya. Tapi skrg ga sembuh. Aku lagi coba pakin dia VCO tapi dia gatel terus. Kalo di obatin dia ngelawa jadi ga tega gimana caranya ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di petshop ga ada dokter hewannya? kalau ada, minta suntik scabies aja. dan harus rajin mandiin ya. iya, scabies ini emg makan waktu buat penyembuhannya, harus sabar. kucing pasti meronta" kalo lg di obatin, tp harus tetep sabar hehe, kasih makan dulu aja sblm obatin, jadi dia agak tenangan. Semangat, pasti sembuh kucingnya

      Hapus
  36. Ka kitten aku kena scabies... ini lagi dipakein shampoo yang buat jamur itu kaan.. apa efek sampingnya emng bikin item ditempat yang bulunya bolong" ya ka?? Aku takutnya itu bukan proses penyembuhan tapi malah makin parah 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada dokter hewan, lebih baik ke dokter hewan buat suntik scabies, karena murah kok suntiknya. tapi kalo ga ada, saran aku mandiin pakai sabun sulfur ya. dan sering dibalur minyak vco. semoga cepat sembuh kittennya :)

      Hapus
  37. Halo kak, aku baru bgt nemu blog kakak dan mau nerapin ke kucing aku yg lagi scabies:( ngomong2, kakak pake varian jf sulfur yg apa ya kak? atau apa ada rekomendasi merk sabun sulfur lain yg bisa ditemuin di minimarket kak?
    Makasih sebelumnyaa

    BalasHapus
  38. Halo kak, aku baru bgt nemu blog kakak dan mau nerapin ke kucing aku yg lagi scabies:( ngomong2, kakak pake varian jf sulfur yg apa ya kak? atau apa ada rekomendasi merk sabun sulfur lain yg bisa ditemuin di minimarket kak?
    Makasih sebelumnyaa

    BalasHapus
  39. Mau kasih info ajah.. Klo misal pet/anabul nya sakit.. Tp berat diongkos klo ke drh/petshop, bisa cari puskeswan didaerah sekitar.. Asli ini sangat menolong krna perawatan nya dan suntik scabies nya gratisss.. Kec. Vaksin, bayar tp gak mahal..

    Semoga anabul kita sehat selalu yaa.. 🤗🤗

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teruntuk Pasangan Hidupku... Tulisan ini Untukmu

Teruntuk Pasangan Hidupku kelak, Tulisan ini untukmu Disaat tulisan ini ku buat, mungkin aku dan kamu belum bertemu, tapi percayalah, perlahan aku sudah mulai mendoakanmu. Aku mulai mendoakan hal baik tentang dirimu, Aku mulai mendoakan setiap harapanku yang semoga bisa terbentuk dengan baik didirimu Bukan, ini bukan harapan egois untuk kebaikanku semata saja, tapi harapanku untuk dirimu yang pastinya akan memperkuat dirimu didalam kehidupan ini. Ada yang bilang, bahwa pasanganmu adalah cerminan dirimu. Saat ini aku belum yakin 100% akan hal itu, tapi ku rasa Aku sudah mulai meng-imani hal tersebut. Aku yakin, dengan aku berdoa tentang dirimu, tangan Tuhan kemudian akan bekerja untuk mempersiapkan dirimu menjadi versi terbaikmu sampai akhirnya kita bertemu. Tenang, ketika Tuhan membantu membentuk dirimu, aku yakin Tuhan juga membantu membentuk diriku, mempersiapkan diriku, karena aku pun ingin melakukan itu. Semoga kamu juga ya :) Teruntuk Pasangan Hidupku, Aku selalu b

Buat Acara Bridal Shower dengan Biaya Murah dan Waktu Mepet

Nahhhh.. Gimana? Dari judulnya aja kalian udah pasti tau aku mau sharing tentang apa. Yapp, acara Bridal shower dengan minim budget alias irit alias murah dan waktu yang dadakan banget?? Wahh, siapa takut. Ini pengalaman aku sama teman-teman squad pastinya, saat diantara kita akhirnya ada yang pecah telor. Wow.. Pertama bingung mau ngapain, kedua bingung harus ngapain, ketiga... Kita harus ngapain?? Hahaha Dari jauh jauh hari sebenarnya aku udah plan untuk pakai party planner yang ada di IG, udah sempet diskusi juga sama yang lain. Tapi nyatanya? Karena kita sibuk masing-masing dengan kerjaan, alhasil diskusinya mentah dan ga ada ujung. Sampai akhirnya waktunya pun tiba! Yap, dengan tanpa disengaja, Yuni (yang pecah telor) dia mau bagiin seragam bridesmaid gituuu. Wah langsung lah kita kalang kabut alias nambah bingung, harus bikin apa dan seperti apa. Karena seperti yang ku bilang tadi, ini FIRST TIME nya ada yang begini haha. Oke langsung, Yang pasti karena w