Langsung ke konten utama

Analisis Model-model Komunikasi Massa #Tugaskampus



NAMA       : RISNA TRI MUHAROMMAH
NIM  : 44212010112
ANALISIS TENTANG MODEL-MODEL KOMUNIKASI MASSA

1.     MODEL KOMUNIKASI TWO STEP MODEL 
Dalam model ini memiliki beberapa kelemahan, dari kelemahan ini, kita dapat menarik kesimpulan apakah konsep audiensnya, apakah sebagai massa, penonton saja, sebagai pasar, ataukah sebagai kelompok social. Berikut beberapa kekurangan dari model ini :
- Individu yang aktif dalam mencari informasi hanya pemuka pendapat
- Membatasi proses analisis, karena proses komunikais terjadi dalam dua tahap atau lebih
- Pemuka pendapat tergantung pada media massa
- Mengabaikan perilaku khalayak, berdasarkan waktu pengenalan ideh baru
- Berbagai saluran komunikasi berperan dalam tahap penerimaan inovasi dan pengambilan keputusan
- Adanya pemisahan khalayak antara pemuka pendapat dengan masyarakat pengikut.
Dlihat dari sisi kelemahannya  (point ke 3 – 5) bisa ditarik kesimpulan bahwa model ini memiliki konsep audiens sebagai penonton saja. Karen dikatakan bahwa model ini mengabaikan prilaku khalayak, dan saluran komunikasi sangat berperan penting dalam tahap penerimaan informasi. Bisa dicontohkan seperti media televisi, media ini mengabaikan prilaku khalayak setelah khlayak menerima informasi terseebut. Bisa saja prilaku khalayak diterima atau diketahui, tetapi ini memerlukan saluran informasi lainnya, seprti biasanya dikoran-koran diberikan suatu wadah untuk menyalurkan kritik dan saran siaran televisi dsb. 

2.     SPIRAL OF SILENCE
Dalam hal ini, terdapat 2 kubu, yaitu kubu kaum mayoritas dan kubu kaum minoritas, Kajian teori ini menitikberatkan pada peran opini dalam interaksi sosial. Sebagaimana diketahui bahwa opini publik sebagai sebuah isu kontroversial yang akan berkembang pesat pada saat dikemukakan oleh media massa kemudian ketika isu kontroversial tersebut berkembang dalam kelompok mayoritas, orang-orang yang cendenrung kontra atau tidak sejalan dengan kelompok mayoritas akan cenderung diam. Teori ini juga menjelaskan mengapa orang-orang dari kelompok minoritas ketika berada di lingkungan kelompok mayoritas perlu  mengubah opini atau pandangannya agar sama terhadap kelompok mayoritas agar mereka tidak diisolasi dari pergaulan sosial tempat mereka berada.
Dilihat dari artinya saja, kita dapat menarik kesimpulan bahwa model komunikasi ini memiliki konsep audiens kelompok social . Karen kelompok mana yang paling kuat, kelompok itulah yang akan menang, dalam hal ini belum tentu kaun =m mayoritas akan selalu menang, tetapi sebaliknya, kaum minoritas pun bsa menang, tergantung dari si media massa yang ingin meliput apa yang biasanya sedang controversial atau bisa dibilang isu hangat. Mayoritas bisa jadi minoritas, dan minoritas bisa jadi mayoritas.

3.      AGENDA SETTING MODEL
Menurut teori ini, media memiliki kemampuan untuk menyeleksi dan mengarahkan perhatian masyarakat pada gagasan atau peristiwa tertentu yang telah dirancang oleh media. Media mengatakan pada kita apa yang penting dan apa yang tidak penting  dan juga mengatur apa yang harus kita lihat atau tokoh siapa yang harus kita dukung. Teori ini juga menjelaskan bahwa media mengarahkan kita untuk memusatkan perhatian pada subjek atau objek tertentu yang diberitakan oleh media. Ini artinya media massa menentukan agenda kita.
Dilihat dari artinya, yang mengatakan bahwa media memberikan apa yang kita butuhkan, itu berarti konsep audiens model ini adalah konsep audiens sebagai pasar. Sama halnya seperti pasar, media pun tau apa yang ingin diberikan untuk khalayaknya, media tau apa yang dibutuhkan agar kebutuhan informasi khalayak terpenuhi, bahkan media yang member tahu tentang hal-hal yang sebelumnya khalayak tidak ketahui.
Contohnya sebagai berikut : Para bintang AFI, Idola Cilik, Indonesian Idol yang mendapat tayangan lebih, sehingga dari orang yang tak dikenal, karena terus diberitakan atau disiarkan hanya beberapa bulan menjelma menjadi bintang dan sangat terkenal oleh pemirsa televisi Indonesia.

4.      DEPENDENCY MODEL
Teori tentang komunikasi massa yang menyatakan bahwa semakin seseorang tergantung pada suatu media untuk memenuhi kebutuhannya, maka media tersebut menjadi semakin penting untuk orang itu. Teori ini diperkenalkan oleh Sandra Ball-Rokeach dan Melvin DeFleur. Mereka memperkenalkan model yang menunjukan hubungan integral tak terpisahkan antara pemirsa, media dan sistem sosial yang besar.
Dalam hal ini bisa ditarik kesimpulan bahwa konsep audiens dari model ini adalah konsep audiens “massa”. Karena peran media massa disini hanya sebagai pemenuhan kebutuhan sesuai apa yang diinginkan oleh khalayak. Contohnya saja ketika saya lebih cenderung menyukai acara gossip atau yg berbau gossip, saya cenderung akan selalu membeli tabloid sekaligus menonton acara gossip disbanding membeli Koran  kompas atau bahkan menton berita.

Yang gue tulis tadi bener-bener hasil analisis gue berdasarkan apa yang gue pahamin dari banyak sumber, entah itu buku, modul, internet, bahkan yang paling utama sumber pembelajaran dari dosen. Kalo untuk menganilisa hal-hal seperti ini, pasti setiap orangnya akan memiliki jawaban yang berbeda, so??? saling belajar aja ya satu sama lainnya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teruntuk Pasangan Hidupku... Tulisan ini Untukmu

Teruntuk Pasangan Hidupku kelak, Tulisan ini untukmu Disaat tulisan ini ku buat, mungkin aku dan kamu belum bertemu, tapi percayalah, perlahan aku sudah mulai mendoakanmu. Aku mulai mendoakan hal baik tentang dirimu, Aku mulai mendoakan setiap harapanku yang semoga bisa terbentuk dengan baik didirimu Bukan, ini bukan harapan egois untuk kebaikanku semata saja, tapi harapanku untuk dirimu yang pastinya akan memperkuat dirimu didalam kehidupan ini. Ada yang bilang, bahwa pasanganmu adalah cerminan dirimu. Saat ini aku belum yakin 100% akan hal itu, tapi ku rasa Aku sudah mulai meng-imani hal tersebut. Aku yakin, dengan aku berdoa tentang dirimu, tangan Tuhan kemudian akan bekerja untuk mempersiapkan dirimu menjadi versi terbaikmu sampai akhirnya kita bertemu. Tenang, ketika Tuhan membantu membentuk dirimu, aku yakin Tuhan juga membantu membentuk diriku, mempersiapkan diriku, karena aku pun ingin melakukan itu. Semoga kamu juga ya :) Teruntuk Pasangan Hidupku, Aku selalu b

Buat Acara Bridal Shower dengan Biaya Murah dan Waktu Mepet

Nahhhh.. Gimana? Dari judulnya aja kalian udah pasti tau aku mau sharing tentang apa. Yapp, acara Bridal shower dengan minim budget alias irit alias murah dan waktu yang dadakan banget?? Wahh, siapa takut. Ini pengalaman aku sama teman-teman squad pastinya, saat diantara kita akhirnya ada yang pecah telor. Wow.. Pertama bingung mau ngapain, kedua bingung harus ngapain, ketiga... Kita harus ngapain?? Hahaha Dari jauh jauh hari sebenarnya aku udah plan untuk pakai party planner yang ada di IG, udah sempet diskusi juga sama yang lain. Tapi nyatanya? Karena kita sibuk masing-masing dengan kerjaan, alhasil diskusinya mentah dan ga ada ujung. Sampai akhirnya waktunya pun tiba! Yap, dengan tanpa disengaja, Yuni (yang pecah telor) dia mau bagiin seragam bridesmaid gituuu. Wah langsung lah kita kalang kabut alias nambah bingung, harus bikin apa dan seperti apa. Karena seperti yang ku bilang tadi, ini FIRST TIME nya ada yang begini haha. Oke langsung, Yang pasti karena w

SCABIES PADA KUCING DAN TIPS AMPUHNYA

Haii, udah lama banget ya gak nulis di blog ini. entah betapa berdebunya blog ini gak pernah ditengok sama penghuninya. Yaa maklum, mahasiswa tingkat akhir. Kerjaannya pasti selalu (belaga) sibuk dengan tugas akhir nya DOAKAN GUE YA.. APRIL 2016 SUDAH S.IKOM!! oke, kali ini gue ga akan ceritain tentang kuliah kok.. pusing ah bahas kuliahan atau akademik terus ahaha. kali ini gue mau share tentang cara JITU/AMPUH/CEPET/APAPUN untuk sembuhin KUCING yang terkena penyakit SCABIES Kucing lo garuk-garuk berlebihan? Ada jamur di daun telinganya? Bulunya mulai rontok? Jilat jilat badan terus? Coba di perhatiin lebih seksama lagi, kayanya kucing lo itu terserang penyakit SCABIES. yapp,, scabies itu penyakit yang disebabkan oleh tungau/kutu. Lo bisa bayangin kan, betapa gatalnya kulit kalo dihinggapin kutu kutu nakal, dan kutu-kutu ini sekali bertelor itu rombongan alias banyak. makanya kalo udah ketauan kucing lo sakit Scabies, gausah banyak mikir. GERAK! BAWA KE DOKTER HEWAN! Tips