Langsung ke konten utama

Perjalanan Awal Kuliah (Part2)

Ini adalah tulisan pertama gue di tahun 2016.

Haloooo...
Apa kabar? Semoga selalu dalam lindungan Allah ya.
Baru sempet banget luangin waktu untuk nulis lagi di blog tercinta ini, dikarenakan kegiatan gue yg semakin bikin pusing, lebih tepatnya sedang berjuang dengan Skripsi Tercinta~

Kali ini gue akan menulis tentang hal yang pernah gue tulis juga sekitar 1 atau 2 tahun lalu gitu (gue lupa). Kenapa gue tulis lagi?? Ya! Karena tulisan gue yg kemarin itu LAKU KERAS!! Wihiiyyy~ Haha
Tulisan yang berjudul 'Perjalanan Awal Kuliah' jadi tulisan yang paling laku di Blog gue ini. Gue ngeliat statistik blog gue, setiap hari selalu aja ada yang baca mengenai tulisan gue itu. Gatau kenapa ya, mungkin banyak yg galau atau bingung tentang 'gimana sih awalan kuliah itu? enak gak sih kuliah?'. Seperti itu...
Laluu..
Kalau dulu gue masih bercerita tentang perjalanan awal perkuliahan, mulai dari gagal SNMPTN sampai milih-milih universitas swasta (boleh search dan dibaca ya artikel yang judulnya Perjalanan Awal Kuliah, karena itu part 1 nya) Nah, di blog kali ini gue akan mengupas lebih dalam sedalam rasa cinta gue ke dia. Oke fokus!
Tentang perjalanan awal kuliah yang lebih detail.
Sepertinya gue udah mulai mahir berbagi tentang hal ini, karena kalian tau sendiri, saat ini gue sudah memasuki waktu bagian menikmati Skripsi alias Anak Semester Akhir.
Jadiii.. gue merasa udah banyak hal yang gue lalui tentang dunia perkuliahan.

Langsung ya!

Oke, Gimana sih awal kuliah?
Bagi kalian yang masih bingung milih kampus, mending baca artikel tentang ini tapi yang part 1 (cari aja di blog gue).
Kalau kalian udah nemu atau bahkan berkesempatan mendapatkan kampus negeri, bersyukurlah kalian. Bukan berarti yang berkuliah dikampus swasta yang kaya gue ini enggak bersyukur. Harus tetap bersyukur apapun itu keadaannya.
Lanjut lagi,

1. USAHAKAN IKUT OSPEK (MESKIPUN BIASANYA WAJIB SIH UNTUK MAHASISWA BARU)
Biasanya kalau di awal kuliah setelah kalian sudah membereskan segala macam berkas-berkas untuk didata pihak kampus supaya menjadi mahasiswa resmi, kalian nantinya akan disambut dengan OSPEK!
Udah familiar dengan nama itu kan? Biasanya tiap kampus pasti punya nama acaranya masing-masing, dan kontennya pun berbeda sesuai kebijakan pihak kampus sih. Seperti contohnya di kampus gue yang  menyebutnya bukan dengan OSPEK, tapi DK (Dunia Kampus).
Gue garis bawahi lagi ya, meskipun biasanya ini diwajibkan, tp kadang masih ada aja MABA (Mahasiswa Baru) yg gak ikut acara ini dengan alasan 'males'. Plisss deh... hilangin rasa males lu itu, dan mulai lah beradaptasi dengan lingkungan baru serta teman-teman baru.
Kadang ospek itu jadi momok yang menakutkan ya bagi Maba, padahal gak selamanya begitu. Sesuai pengalaman, waktu itu gue ikut DK dan beruntungnya lagi kebijakan kampus gue ga ada tuh yg namanya ospek berlebihan atau kekerasan bahkan bullyan (yang kaya di tipi tipi). Biasanya ospek atau dalam hal ini DK, itu dilakukan bertujuan supaya kalian kenal lingkungan kampus, suasana kampus, kenal dengan teman jurusan bahkan lintas jurusan. Biar pas perkuliahan pertama kalian gak gabut-gabut banget karena gak punya temen.
Memang sih, DK biasanya dilaksanain dari pagi banget sampe sore menjelang maghrb, tapi kalian gak akan merasa rugi, karena itu akan nambah pengalaman kalian di masa kuliah.

2. BIASANYA JADWAL MATA KULIAH SEMESTER 1 UDAH DITENTUIN DARI PIHAK KAMPUS.
Kalau udah selesai masa-masa ospek nya udah pasti kalian akan masuk ke ranah belajar di kelas. Pasti kalian para maba akan merasa bingung, jadwalnya gimana sih? Ngambil mata kuliah nya gimana? Ditentuin siapa?
Tenang, biasanya di semster awal itu kalian bakal dikasih KRS (Kartu Rencana Studi) yang udah disusun oleh pihak fakultas/jurusan kalian. Jadi kalian tinggal pahami jadwalnya, matkul apa aja, dan ruangannya dimana.
Lagi-lagi, inilah pentingnya ikut DK (ospek). Biar kalian tau, letak letak ruangan ini itu dimana, karena biasanya gedung perkuliahan itu ga hanya sebesar gedung sekolah, biasanya lebih luas dan bahkan ada yang letak gedung satu dengan gedung lainnya berjauhan. So? Di awal kuliah, pasti kalian akan merasa bingung. Tapi tenang, dengan seberjalannya waktu dan biasakan berani nanya supaya cepat banyak tau. Masa udah jadi mahasiswa masih pemalu. Jangan ya!

3. BAKAL KELIATAN BANGET PERBEDAAN MANA MABA DAN MANA SESEPUH KAMPUS ALIAS SENIOR.
hahahaha... ini yang baru gue sadari setelah gue menjadi senior. Entah kalian para senior-senior lainnya menyadari hal ini atau engga, atau mungkin gue nya yang berlebihan? Entahlah.
Pokoknya, biasanya akan keliatan jelas mana si maba, dan mana mahasiswa yg sudah tingkat atas (meskipun beda setahun). Memang sih salah satu alasan perbedaan mencoloknya adalah penampilan. Biasanya dikampus gue, penampilan maba itu terutama cowok, akan terlihat dengan kepala yang kaya cimol, alias rambut cuma sisa 1cm (hampir botak). Karena saat DK yang laki-laki wajib memotong rambutnya, fungsinya sih biar rapih dan sejenis aja, gak ada faktor lain.
Selain itu, biasanya sang Maba terlihat dengan 'dandanan kaget' menurut gue. Kenapa? Mungkin karena udah terbiasa belajar pake seragam kali ya, jadi ketika masuk dunia perkuliahan yang notabennya memakai pakaian bebas, jadi tampil sesuka bahkan seenaknya. Ada maba yang terlihat rapih bangettttttddddttt, ada maba yang terlihat seenak jidat pakai pakaiannya serasa bukan pengen kekampus tapi berasa pengen main.
Dikampus gue sih cenderung bebas ya, meskipun tetap ada aturannya, tapi karena ada sedikit kebebasan itu yang kadang disalah gunaiin sama mahasiswanya untuk pakai pakaian yang ga sesuai tempat.
Dan juga, biasanya si Maba ini akan keliatan rajin dengan membawa banyak buku atau binder di tangannya yang diselipkan ke dekat dadaa... uhhh~
Coba lu liat mahasiswa atasan lu? Gak banyak yg bawa binder atau buku ditangannya, semakin atas tahunnya, semakin terlihat bodo amat ke kampus..pun kalo bawa binder, udah ga bakal di tenteng ditangan, udah pasti langsung masukin tas. Paling yang keliatan ditangan lembaran skripsi.
So? Buat kalian yang maba,bertingkahlah selayakanya pelajar yg udah dewasa ya. Jangan berlebihan di segala aspek. Pakai pakaian yg enak dipandang dan rapih, itu cukup. Gak usah dandan menor-menor. Cukup oleskan lipstick warna manjaaaa~ aja biar kalian tetep keliatan seger. Dan buat laki-laki, rapih dan gak bau aja udah cukup. Itu!

4. MASIH EDISI MENCARI JATI DIRI, TEMAN NONGKRONG YANG KLIK, TEMPAT NONGKRONG YANG ENAK.
Nah! Ini!
Ini yang gue alamin dijaman gue jadi mahasiswa baru alias maba. Di umur 18th gue pun masih mencari jati diri gue yang sebenernya. Buat apa sih gue kuliah? Jurusan yg gue ambil bener gak ya? Duh.. gue takut salah jurusan...
Tenang, kalau kalian diawal milih kampus dan jurusan gak asal dan ngikutin kata hati bukan atas dasar paksaan, insyallah pasti perkuliahan kalian bisa dinikmati. Diawal kuliah biasanya bakal banyak kelas yang harus di hadiri, bisa 7 - 8 mata kuliah tiap minggunya, dan siap-siap menghadapi tugas yang setiap minggu hadir. Tapi lagi-lagi kalian harus tenang, ingat! Ketika kalian udah berani milih, kalian harus selesaikan itu semua sampai tuntas.
Seperti yang gue bilang sebelumnya, kalian nantinya setiap minggu pasti akan masuk kelas 7 - 8 kali. Nah disini nih, jiwa sosial kamu di uji. bersyukurlah untuk kalian yg punya jiwa ekstrovet, dan berjuanglah kalian yang punya jiwa introvet. Tetaplah berbaur dengan siapa aja di semester awal ini, dengan sendirinya akan nempel tuh teman-teman yg punya pemikiran dan imajinasi yang sejalan. Nah biasanya kalo udah nemu gini, pasti kemana-kemana kalian nongkrongnya sama mereka.
Lalu, nongkrongnya dimana??
Hahaha, lagi lagi disaat jadi maba proses pencarian akan terus terjadi. Biasanya kalian yang maba pasti akan mencoba segala tempat dipenjuru kampus buat diduduki alias untuk hanya sekedar nunggu jam kosong. Teruslah mencari tempat yang nyaman, sampai akhirnya pasti disemster selanjutnya kalian akan menemukan tempat klik atau tempat yang sangat nyaman untuk dijadiin tempat kumpul.
Kaya gue dulu, awalnya gue dan temen bisa  nongkrong dikantin bawah, kantin atas, lawson, tower, lorong-lorong gedung dll, sampai akhirnya kita mempunyai tempat nongkrong pasti yang bahkan sampai saat ini masih dipakai dan dikenal oleh para penghuni lainnya yaitu Kantin Atas.

5.DAFTAR UKM ATAU IKUT KEGIATAN KAMPUS LAINNYA SESUAI MINAT. JANGAN JADI MABA YANG KUPU-KUPU (KULIAH PULANG KULIAH PULANG)
Heiiii guys! Kalian masih muda, masih energic, semangat kalian masih banyak, badan kalian masih fit, otak kalian masih jernih, masalah kalian belum serumit masalah orang tua, dunia kalian masih panjang. Sooooo?? Ikut segala macam kegiatan yang ada dikampus!
Pilih kegiatan yang sesuai dengan passion atau keinginan kamu. Nah kegiatan itu bisa didapet salah satunya dengan ikut di UKM yang kalian minati, bisa Padus, Teater, Taekwondo, Futsal, English club atau lainnya. Bukan hanya UKM, kalau kalian tertarik dibidang politikal, nantinya kalian bisa tuh gabung di organisasi jurusan atau fakultas bahkan universitas (HIMA, BEM, DPM, PRESMA dll).
JANGAN DIEM AJA!
Ini saatnya kalian yang muda untuk nyoba banyak hal baru, take action!
Selain nanti kalian bakal dapet kenalan baru, kedepannya akan banyak ilmu yg kalian dapat, pengalaman serta networking yang luas.
Dengan kalian ikut UKM atau organisasi lainnya, kalian bakal kenal banyak senior atau kakak kakak angkatan atas kalian loh.. siapa tau ada yang nyantol. #salahfokus
Seperti gue, sejak awal perkuliahan, gue langsung daftar disalah satu UKM yaitu UKM Teater Amoeba. Gue bisa jadi seperti sekarang inipun karena UKM itu. Di didik, ketemu mentor yang sampai saat ini masih jadi kakak yang baik untuk adiknya, ketemu banyak orang baru yang sangat berdampak, punya kenalan dari berbagai jurusan, tau cara bikin event yg baik, bisa tampil dan dilihat banyak orang kampus, bisa tau sistem kampus, struggling antara jam kuliah dengan jam event UKM, rapat-rapat mulu, pulang malem penuh makna. Itu semua bisa didapet kalo kalian ikut UKM.
Kalo kalian males, jangan harap kalian punya banyak pengalaman, kecuali kalian punya kegiatan lagi diluar kampus, itu baru beda ya.

6. SEPERTINYA CUKUP
Hahahaha.. sepertinya sampai disini tulisan gue mengenai perjalanan awal kuliah. Mungkin masih banyak juga hal-hal yg harusnya gue tulis *tapi gue lupa*.
So? Gak usah ragu buat kalian yang baca ini, kalau mau tanya-tanya atau sekedar sharing mengenai kegiatan perkuliahannya.
Ingat, masa kuliah bukan seperti masa SMA. Mungkin di SMA kamu bisa dengan mudahnya meninggalkan tanggung jawab kamu (meskipun kecil), tapi di perkuliahan, rasa tanggung jawabmu akan lebih di uji. Kalau kamu merasa belum bisa untuk mengemban tanggung jawab yang besar, cobalah untuk bisa belajar mengemban tanggung jawab yang kecil dulu (misal, menghargai diri sendiri, menghargai waktu dengan datang ke kelas tepat waktu, kerjain tugas. dll).
Ohiya, satu lagi.. biasanya diawal perkuliahan kamu pasti akan menemukan seseorang yang membuat kamu tertarik untuk mengenalnya (misal ada kakak senior yang deketin, atau yang kamu suka) usahakan letakan hatimu sesuai tempat dan porsinya ya. Kita masih muda, masih banyak yang harus dilakukan, terutama dilingkup kuliah. Kalaupun kamu mau main cinta-cinta'an, mainlah sesuai dengan kadarnya dan tetap ada dijalan yang benar.
Tetap pegang komitmen diri kamu sesuai motto hidup kamu, karena kita gak akan pernah tau, apakah sekeliling kita merupakan orang yang berdampak baik atau malah sebaliknya. Lebih jeli dan lebih teliti dalan melihat.

Terimakasih sudah mau ngebaca tulisan pertama gue di tahun 2016. Semoga bisa membantu kamu kamu kamuuuu yang merasa kebingungan 'kaya gimana sih kuliah?'



Tetaplah jadi orang yang bisa menebarkan kebaikan, bisa berdampak positif bagi sekeliling.
Regards,
Risna Tri Muharommah
Mercu Buana University

Komentar

  1. Balasan
    1. Hai rozzy, DK itu singkatan dari Dunia Kampus. Pada intinya kegiatan DK itu merujuk pada pengenalan seisi kampus, mulai dari gedung/ruang kuliah, sistem pembelajaran sesuai prodi masing2 dan jg pengenalan UKM/kegiatan2 rutin yang ada dikampus. Semacam itu :)

      Hapus
  2. Emang peraturan Maba buat cukur botak 1 cm masih berlaku?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teruntuk Pasangan Hidupku... Tulisan ini Untukmu

Teruntuk Pasangan Hidupku kelak, Tulisan ini untukmu Disaat tulisan ini ku buat, mungkin aku dan kamu belum bertemu, tapi percayalah, perlahan aku sudah mulai mendoakanmu. Aku mulai mendoakan hal baik tentang dirimu, Aku mulai mendoakan setiap harapanku yang semoga bisa terbentuk dengan baik didirimu Bukan, ini bukan harapan egois untuk kebaikanku semata saja, tapi harapanku untuk dirimu yang pastinya akan memperkuat dirimu didalam kehidupan ini. Ada yang bilang, bahwa pasanganmu adalah cerminan dirimu. Saat ini aku belum yakin 100% akan hal itu, tapi ku rasa Aku sudah mulai meng-imani hal tersebut. Aku yakin, dengan aku berdoa tentang dirimu, tangan Tuhan kemudian akan bekerja untuk mempersiapkan dirimu menjadi versi terbaikmu sampai akhirnya kita bertemu. Tenang, ketika Tuhan membantu membentuk dirimu, aku yakin Tuhan juga membantu membentuk diriku, mempersiapkan diriku, karena aku pun ingin melakukan itu. Semoga kamu juga ya :) Teruntuk Pasangan Hidupku, Aku selalu b

Buat Acara Bridal Shower dengan Biaya Murah dan Waktu Mepet

Nahhhh.. Gimana? Dari judulnya aja kalian udah pasti tau aku mau sharing tentang apa. Yapp, acara Bridal shower dengan minim budget alias irit alias murah dan waktu yang dadakan banget?? Wahh, siapa takut. Ini pengalaman aku sama teman-teman squad pastinya, saat diantara kita akhirnya ada yang pecah telor. Wow.. Pertama bingung mau ngapain, kedua bingung harus ngapain, ketiga... Kita harus ngapain?? Hahaha Dari jauh jauh hari sebenarnya aku udah plan untuk pakai party planner yang ada di IG, udah sempet diskusi juga sama yang lain. Tapi nyatanya? Karena kita sibuk masing-masing dengan kerjaan, alhasil diskusinya mentah dan ga ada ujung. Sampai akhirnya waktunya pun tiba! Yap, dengan tanpa disengaja, Yuni (yang pecah telor) dia mau bagiin seragam bridesmaid gituuu. Wah langsung lah kita kalang kabut alias nambah bingung, harus bikin apa dan seperti apa. Karena seperti yang ku bilang tadi, ini FIRST TIME nya ada yang begini haha. Oke langsung, Yang pasti karena w

SCABIES PADA KUCING DAN TIPS AMPUHNYA

Haii, udah lama banget ya gak nulis di blog ini. entah betapa berdebunya blog ini gak pernah ditengok sama penghuninya. Yaa maklum, mahasiswa tingkat akhir. Kerjaannya pasti selalu (belaga) sibuk dengan tugas akhir nya DOAKAN GUE YA.. APRIL 2016 SUDAH S.IKOM!! oke, kali ini gue ga akan ceritain tentang kuliah kok.. pusing ah bahas kuliahan atau akademik terus ahaha. kali ini gue mau share tentang cara JITU/AMPUH/CEPET/APAPUN untuk sembuhin KUCING yang terkena penyakit SCABIES Kucing lo garuk-garuk berlebihan? Ada jamur di daun telinganya? Bulunya mulai rontok? Jilat jilat badan terus? Coba di perhatiin lebih seksama lagi, kayanya kucing lo itu terserang penyakit SCABIES. yapp,, scabies itu penyakit yang disebabkan oleh tungau/kutu. Lo bisa bayangin kan, betapa gatalnya kulit kalo dihinggapin kutu kutu nakal, dan kutu-kutu ini sekali bertelor itu rombongan alias banyak. makanya kalo udah ketauan kucing lo sakit Scabies, gausah banyak mikir. GERAK! BAWA KE DOKTER HEWAN! Tips